Menilik Konten Media Sosial yang Tepat di Masa Pandemi COVID-19

Semenjak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, tidak bisa dipungkiri bahwa ruang gerak setiap orang akan menjadi terbatas dan pada akhrinya memaksa kita untuk melakukan berbagai aktivitas dari rumah. Hal ini pula yang kemudian mendorong meningkatnya penggunaan internet di kala pembatasa sosial. Berdasarkan data yang rilis oleh katadata.co.id penggunaan Whatsapp dan Instagram melonjak lebih dari 40%, pada Instagram sendiri penggunaan fitur story juga melonjak hingga 15%. Melihat kodisi seperti itu, tentunya hal tersebut menjadi peluang bagi berbagai pemilik usaha untuk menggencarkan pemasaran di media sosial dengan memberikan berbagai konten yang bisa menarik dan tentunya bermanfaat untuk para audien di media sosialnya.

Untuk mengetahui konten seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan saat ini, penting untuk mencari tahu seperti apa perilaku konsumen di masa pandemi Covid-19 karena tentunya sedikit banyak akan ada terjadi pergeseran perilaku konsumen dari masa sebelum pandemi hingga di masa new normal seperti sekarang ini. Pertama mari kita menilik mengenai perilaku konsumen, berdasarkaan riset yang dilakukan oleh Inventure Knowledge pada 2020 diprediksi terdapat 30 perubahan perilaku konsumen di era new normal saat ini yang dibagi dalam empat kategori yaitu stay at home lifestyle, back to the bottom of the pyramid, go virtual, empathic society.

  1. Stay at Home Lifestyle

Tidak terbantahkan lagi himbauan #dirumahaja yang sempat digaungkan oleh pemerintah sedikit banyak berpengaruh pada perilaku konsumen, contohnya kebisanaan belanja online yang bergeser dari barang sekunder menjadi barang kebutuhan primer. Selain itu, selama masa pandemi dan pembatasan sosial menjadi titik balik orang-orang untuk kembali memasak di rumah, selain kaarena alasan kesehatan namun juga karena waktu luang yang dimiliki orang-orang selama di rumah.

Selama pandemi ini juga orang-orang menjadi tertarik untuk mencoba berbagai DIY dan selfcare di rumah. Dengan pergeseran perilaku konsumen tersebut, dalam mengelola sosial media, Anda dapat melihat peluang beberapa jenis konten yang berkaitan dengan hal tersebut seperti konten mengenai DIY suatu barang, resep sederhana, dan tips selfcare di rumah.

2) Back to the Bottom of the Pyramid

Pada kategori ini pergeseran perilaku konsumen terlihat ke arah gaya hidup sehat, oleh karena itu muncul tren seperti ‘jamu is the new espresso’ atau ‘halal life’. Pada kategori ini konsumen bukan lagi mengejar aktualisasi diri/selfesteem namun kembali pada kebutuhan dasar yaitu phisiological needs dan safety need. Oleh karena itu menyajikan konten berupa tips maupun info kesehatan dapat manarik audiens karena dapat memberikan manfaat kepada mereka.

3) Go Virtual

Pembatasan sosial memang memaksa kita semua untuk memanfaatkan dunia maya untuk beraktivitas, bukan hanya pekerjaan, namun ibadah yang biasanya dikerjakan secara langsung juga harus bermigrasi ke dunia virtual. Kondisi seperti ini pada akhirnya mendoorng lahirnya ‘virtual social aactivity’, oleh karena itu ada baiknya dalam berbagai konten di media sosial juga bisa mengajak audiensnya untuk melakukan aktivitas secara virtual, baik itu olahraga, ibadah, semiar, maupun konser yang sifatnya hiburan.

4) Empathic Society

Melihat banyaknya sektor yang terdampak selama Covid-19 ini mendorong terjadinya peningkatan dalam hal solidaritas dan empati dalam kehidupan sosial hal ini ditunjukkan dengan banyaknya penggalangaan dan untuk membantu pihak terdampak Covid-19 yang dilakukan sejumlah tokoh masyarakat, dengan tren yang seperti itu, maka penting untuk menunjukkan brand Anda sebagai brand  yang peduli dengan isu-isu sosial terkini yang dapat dituangkan dalam sebuah kampanye di media sosial Anda.

Sumber: https://katadata.co.id/febrinaiskana/digital/5e9a41f84eb85/penggunaan-whatsapp-dan-instagram-melonjak-40-selama-pandemi-corona

______________________________

“Evolving Creativity”⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
BEKANTAN CREATIVE⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
📞 +62 812 1229 8836⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
📧 info@bekantancreative.com⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
🌐 www.bekantancreative.com⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
📍 Patria Park Office & Apartment,⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
Jl. DI. Panjaitan No.Kav 5 -7, RT.5/RW.7, Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13340⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Leave a Reply

Close Menu